Search Engine Submission - AddMe Oktober 2009 | Blog Anak Desa Blog Anak Desa: Oktober 2009

Sabtu, 31 Oktober 2009

SPBU PastiPas Pertamina Buah dari Slogan Kerja Keras Adalah Energi Kita

Brum.....Brum.......Brum........Brummmmmmmmm............

Begitulah bunyi sepeda motorku setiap hari, setiap pagi, dan ketika aku pulang kuliah. Ketika Ku starter, motor Atrea Grand yang sudah cukup tua menyala dan mampu kukendarai dengan lincah. Dengan kecapatan santai ku berangkat ke kampus ku yang kucinta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemanapun aku pergi, motor mungil ini selalu menemaniku. Tidak hanya kuliah, namun juga jalan-jalan, ikut rapat organisasi, dan memboncrngkan teman ke perpustakaan. Semuanya kujalani bersama si montor, tidak perlu Kerja Keras, capek-capek seperti teman-temanku yang naik bus atau jalan kaki. Senanglah kalau aktivitas bisa dilakukan dengan cepat, bisa lebih optimal dan efisien.

Nah itulah yang itulah yang membuat buah dari pada pelayanan Pertamina yang wajahya kita lihat di banyak tempat di pinggir jalan, baik jalan protokol, ataupun bukan.


Pertamina Blog Contest


Saya berterima kasih pada usaha keras Pertamina yang dengan gigihnya berusaha memberikan Pelayanan kepada kitas, masyarakat Indonesia akan kebutuhan Energi. Kerja keras yang didasari dan dimotivasi oleh Slogan Kerja Keras Adalah Energi Kita yang Pertamina tekankan demi melayani Masyarakat benar-benar memberikan kepuasan yang cukup bagi saya.

Betapa tidak? Pertamina, dengan produk utamanya berupa sumber energi berbahan dasar minyak ini tidak pernah terlepas dari aktivitas kita. Dari awal saja, sejak pagi, kita sudah memakai gas LPG, ada juga yang memakai minyak tanah, kemudian motor kita berjalan karena ada bensin. Jadi tidak bisa dipungkiri kalau kerja keras Pertamina dalam memenuhi kebutuhan energi kita sangatlah besar manfaatnya.

Nah, pelayanan dari Pertamina semakin memuaskan ketika diluncurkannya standarisasi SPBU yang kita kenal sebagai PastiPas pada SPBU-SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia. Bisa kita lihat di banyak SPBU (walau tidak semuanya) terdapat siker Pastipas di mesin penghitung bensinnya, yang tentu hanya ada di SPBU yang sudah lolos seleksi PastiPas.

Standarisasi PastiPas ini menunjukkan profesionalitas Pertamina dalam melayani pelanggannya sebagai bukti Kerja Keras adalah Energi Kita yang tidak sembarang SPBU bisa memiliki standar PastiPas ini. Betapa tidak, setiap kita mengisi Bensin atau pertamax di SPBU berlogo PastiPas, maka ada pelayanan lebih yang kita terima, diantaranya

  1. SPBU lebih rapi dan bersih serta terawat, tidak ada konblok atau lantai yang pecah-pecah.
  2. Kita mendapatkan keramahan berupa Senyum, Salam dan Sapa dari Petugas.
  3. Petugas memastikan kita telah melihat penunjuk digital jumlah bensin berada di angka nol (0)
  4. Mesin pemompa bensin yang dipakai di SPBU sangat akurat, jadi kita tidak dirugikan dalam pengisian bensin.
  5. Kita bisa meminta nota pada petugas SPBU.
  6. Bahkan, ada SPBU PastiPas yang menyediakan layanan pompa ban gratis bagi pengunjung.
Beda dengan SPBU yang tidak berlogo PastiPas, wah, sangat kurang memuaskan, karena saya sering mengisi bensi di SPBU yang tidak memiliki logo PastiPas. Semoga bis memberi masukan pada SPBU yang tidak berlogo PastiPas, diantaranya
  1. Lantai beberapa ada yang rusak, dan SPBU kurang terawat
  2. wajah petuga ruwet, tidak ceria dan terkesan kurang ramah. Bahakan saya merasa ditakacuhkan
  3. Petugas Asal memasukan bensin ke tangki tanpa memastikan dulu sudah nol atau belum, bahkan saya pernah dirugikan karena keteledoran petugas yang angkanya tidak pas Rp 5000,00.
  4. Mesin yang dipakai biasanya mesin yang sudah tua.

Untuk itulah, Pertamina semakin semakin meningkatkan profesionalitas dengan Kerja Keras untuk kepuasan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan Energi, terutama Bensin yang tidak terlepas dari kehidupan kita.

Tercatat hingga 29 juli 2009 kemarin, jumlah SPBU PastiPas Pertamina di Indonesia mencapai 2600, dan target 2011 semua SPBU di Indonesia sudah PastiPas (www.economy.okezone.com), yang sekarang jumlahnya sekitas 4.400 SPBU yang diperkirakan akan terus bertambah.
"Ya mudah-mudahan tahun 2011 semua SPBU kami sudah menjadi SPBU 'Pasti Pas'," ujar VP Ritel BBM PT Pertamina Deni Wisniwardhani, saat konferensi pers di The 17th Indonesia International Motorshow, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Sungguh memang benarlah Kerja Keras Adalah Energi Kita yang menjadi Slogan Pertamina.

Maju terus Pertamina, penuhilah energi di Indonesia, karena Kerja Keras Adalah Energi Kita benar-benar ada dalam diri Pertamina. Erima kasih karena bensin dari Pertamina, motor saya bisa jalan terus.

Note: Ayo Ikuti dan Sukseskan Pertamina Blog Contest, Untuk kemajuan Blog Indonesia.


Semuanya untuk orang yang belajar internet dan segala fasilitas yang ada di dalamnya.

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Jumat, 30 Oktober 2009

Bukti Kerja Keras Adalah Energi Kita di Lapangan?

PT Pertamina Indonesia memiliki slogan Kerja Keras Adalah Energi Kita , yang harapannya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat memang sebuah gagasan yang briliant dalam meyakinkan masyarakat terhadap profesionalitasnya dalam hal melayani masyarakat. Apalagi selama ini pertamina mengadakan lomba blog dengan tema "Kerja Keras Adalah Energi Kita".
Maka akan muncul di benah masyarakat, terutama masyarakat blogger dan wordpress bahwa "memang" PT Pertamina adalah Perusahaan produsen minyak terbesar dan satu-satunya di Indonesia memberikan layanan terbaiknya.

Tapi, realita di lapangan, banyak sekali kekurangan dari pelayanan yang dilakukan pertamina harus ditanyakan lagi apa yang disebut "Kerja Keras", walau hanya di beberapa sisi. Tapi pada sisi tersebut merupakan sisi yang sering bersinggungan dengan masyarakat.
Mungkin Anda bertanya kenapa saya mengatakan seperti itu?
Nah, akan saya jawab. Saya merupakan salah satu dari sekian juta pelanggan premium pertamina di SPBU. Ada satu SPBU di jalan Marsda Adisucipto, jalur saya menuju ke kuliah. Nah waktu itu saya hendak mengisi bensin di situ.
Pertamina Blog Contest


Karena saya terlambat kuliah sehingga saya terburu-buru mengisi bensin.
Saya beli bensin 10 ribu, kemudian saya membayar dengan uang 20 ribu. Segera saya cepat buru-buru menutup tangki bensin, dan segera melaju ke kampus, karena terlambat. Jadi saya tidak terlalu memperhatikan sekitar, yang penting saya sampai kelas, agar tidak tertinggal materi.

Nah, anehnya petugas harusnya memberikan uang kembali sebesar 10ribu, tapi dia tidak menyodorkan uang, dan juga tidak memanggil saya. Saya baru sadar kalau seharusnya saya punya uang 10ribu ketika saya merogoh saku saat sudah di dalam di ruang kelas.

Sangat disayangkan pertugas pertamina itu sama sekali tidak memperhatikan pelanggan, apalagi ada aturan kalau sudah meninggalkan area SPBU tidak boleh komplain.

Saya mohon pada pertamina, supaya Kerja Keras itu tidak hanya didistribusinya saja yang secara intens ditingkakan, tapi juga sampai di pengelolaan SPBU dan juga pemiluk SPBU ditingkatkan kualitasnya. Saya tidak mau hal yang menimpa saya menimpa orang lain.

Mubadzirkan uang 10 ribu terbuang percuma, yang diuntungkan malah pihak SPBU, tapi saya yang merana.

Segera wujudkan Kerja Keras Adalah Energi Kita yang benar-benar nyata, tidak hanya di website saja, saya menunggu hasil dari Pertamina.

Semuanya untuk orang yang belajar internet dan segala fasilitas yang ada di dalamnya.

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Rabu, 28 Oktober 2009

Mobile Java Game Gratis...Free......

NAh, pada kali ini saya akan bagikan java game gratis untuk mobile, Game-game ini saya dapatkan dari internet semua, namun game ini sudah saya coba di komputer saya menggunakan java emulator, da sukses, jadi pasti bisa di install di HP kamu yang berbasi java.
Silahkan di download, kalau ada yang mau mencari game gratis lainnya, silahkan hubungi saya! Bisa di komentar, ataupun ke email.

Age of glory
Alpha Wing 2 3d
Ancient Empires
Prince of Persia Classic
Prince of Persia Warrior Within

Semuanya untuk orang yang belajar internet dan segala fasilitas yang ada di dalamnya.

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Kamis, 22 Oktober 2009

Senandung Al Fatihah Menguatkan Energi Kita dalam Ibadah

Kebanyakan dari orang Islam, ketika ditanya apa arti surat Al Fatihah, banyak yang menjawab tidak tahu.
Padahal, setiap hari dalam sholat, minimal kita membaca 17 kali, belum kalau ditambah sholat jamaah.
Padahal andai bisa memahami, maka sholat akan terasa nyaman, khusuk dan khudu'. Seakan ada energi yang masuk ke dalam tubuh kita dan mengalir bersama bacaan kita.Nah, bagi yang tidak tahu artinya, ingat-ingat saja lagu "Senandung Al Fatihah" yang disusun oleh AMM Kotagede Yogyakarta


Lirik:

Senandung Surah Al Fatihah


Dengan menyebut nama-Mu yaa Allah

Yang Maha Pengasih Penyayang

Segala puji bagi-Mu yaa Allah

Pemelihara seluruh alam raya


Engkaulah Maha Pengasih dan Penyayang

Yang menguasai Hai Pembalasan

Hanyalah kepada-Mu kami menyembah

Dan pada-Mu kami mohon pertolongan


Tunjukkanlah kami ke jalan yan lurus

Jalan orang-orang yang Kau beri ni’mat

Bukan jalan mereka yang Kau murkai

Dan bukan pula jalan mereka yang sesat


Perkenankan do’a kami.

Amin yaa robbal’alamin

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Rabu, 21 Oktober 2009

Detik-Detik Sakaratul Maut Rasulullah SAW

Inilah bukti cinta yang sebenar-benarnya tentang cinta, yang telah dicontohkan Allah SWT melalui kehidupan Rasul-Nya. Pagi itu, meski langit mulai menguning di ufuk timur, burung-burung gurun enggan mengepakkan sayapnya.

Rasulullah dengan suara lemah memberikan kutbah terakhirnya, "Wahai umatku, kita semua ada dalam kekuasaan Allah dan cinta kasih-Nya. Maka taati dan bertakwalah kepada-Nya. Kuwariskan dua perkara pada kalian, al-Qur'an dan sunnahku. Barang siapa mencintai sunnahku, bererti mencintai aku dan kelak orang-orang yang mencintaiku, akan masuk syurga bersama-sama aku."

Khutbah singkat itu diakhiri dengan pandangan mata Rasul yang tenang menatap sahabatnya satu persatu. Abu Bakar menatap mata itu dengan berkaca-kaca, Umar dadanya naik turun menahan nafas dan tangisnya.Usman menghela nafas panjang dan Ali menundukkan kepalanya dalam-dalam. "Isyarat itu telah datang, saatnya sudah tiba. Rasulullah akan meninggalkan kita semua," keluh hati semua sahabat kala itu.

Manusia tercinta itu, hampir selesai menunaikan tugasnya di dunia. Tanda-tanda itu semakin kuat, tatkala Ali dan Fadhal dengan tangkas menangkap Rasulullah yang sedang dalam keadaan lemah dan goyah ketika turun dari mimbar. Di saat itu, kalau mampu, seluruh sahabat yang hadir di sana pasti akan menahan detik-detik berlalu. Matahari kian tinggi, tapi pintu rumah Rasulullah masih tertutup. Sedang di dalamnya, Rasulullah sedang terbaring lemah dengan keningnya yang berkeringat dan membasahi pelepah kurma yang menjadi alas tidurnya.

Tiba-tiba dari luar pintu terdengar seorang yang berseru mengucapkan salam.

"Bolehkah saya masuk?" tanyanya. Tapi Fatimah tidak mengizinkannya masuk.

"Maafkanlah, ayahku sedang demam," kata Fatimah yang membalikkan badan dan menutup pintu.

Kemudian ia kembali menemani ayahnya yang ternyata sudah membuka mata dan bertanya pada Fatimah.

"Siapakah itu wahai anakku?"

"Tak tahulah ayah, sepertinya baru sekali ini aku melihatnya," tutur Fatimah lembut.

Lalu, Rasulullah menatap puterinya itu dengan pandangan yang menggetarkan. Seolah-olah bahagian demi bahagian wajah anaknya itu hendak dikenang.

"Ketahuilah, dialah yang menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia. Dialah malakul maut," kata Rasulullah.

Fatimah menahan ledakan tangisnya.

Malaikat maut telah datang menghampiri. Rasulullah pun menanyakan kenapa Jibril tidak menyertainya. Kemudian dipanggillah Jibril yang sebelumnya sudah bersiap di atas langit menyambut ruh kekasih Allah dan penghulu dunia ini.

"Jibril, jelaskan apa hakku nanti di hadapan Allah?" tanya Rasululllah dengan suara yang amat lemah.

"Pintu-pintu langit telah terbuka, para malaikat telah menanti ruhmu. Semua syurga terbuka lebar menanti kedatanganmu," kata Jibril.

Tapi, semua penjelasan Jibril itu tidak membuat Rasul lega, matanya masih penuh kecemasan dan tanda tanya.

"Engkau tidak senang mendengar kabar ini?" tanya Jibril lagi.

"Kabarkan kepadaku bagaimana nasib umatku kelak, sepeninggalku?"

"Jangan khawatir, wahai Rasul Allah, aku pernah mendengar Allah berfirman kepadaku: 'Kuharamkan syurga bagi siapa saja, kecuali umat Muhammad telah berada di dalamnya," kata Jibril meyakinkan.

Detik-detik kian dekat, saatnya Izrail melakukan tugas. Perlahan-lahan ruh Rasulullah ditarik. Nampak seluruh tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya menegang.

"Jibril, betapa sakitnya, sakaratul maut ini." Perlahan terdengar lirih suara Rasulullah mengaduh.

Fatimah hanya mampu memejamkan matanya. Sementara Ali yang duduk di sampingnya hanya menundukkan kepalanya semakin dalam. Jibril pun memalingkan muka.

"Mengapa engkau palingkan wajahmu Jibril?" tanya Rasulullah pada Malaikat pengantar wahyu itu.

"Siapakah yang sanggup, melihat kekasih Allah direnggut ajal," kata Jibril sambil terus berpaling.

Sedetik kemudian terdengar Rasulullah mengerang karena sakit yang tidak tertahankan lagi.

"Ya Allah, dahsyat sekali maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku," pinta Rasul pada Allah.

Selang beberapa waktu kemudian badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tidak bergerak lagi. Bibirnya bergetar seakan hendak membisikkan sesuatu. Ali pun segera mendekatkan telinganya.

"Uushiikum bis shalati, wa maa malakat aimanuku, peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di antaramu."

Di luar pintu tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan. Fatimah menutupkan tangan di wajahnya, dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.

"Ummatii, ummatii, ummatiii?" Dan, berakhirlah hidup manusia mulia yang memberi sinar kemuliaan itu. Kini, mampukah kita mencintai sepertinya? Allahumma sholli 'ala Muhammad wa baarik wa salim 'alaihi. Betapa cintanya Rasulullah kepada kita.
Kirimkan kepada sahabat-sahabat muslim lainnya agar timbul kesadaran untuk mencintai Allah dan RasulNya. Seperti Allah dan Rasul mencintai kita semua.

Diambil dari www.dakwatuna.com

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Blogger, sampai Sekarang Mudah Saya Pakai, Tidak Perlu Kerja Keras

Nah, para pengguna Blog semua.
Menurut teman-teman gimana, blog mana yang lebih mudah?
Kalau saya pakai Blogger, walaupun banyak kekurangannya, tapi care settingannya lebih simpel dan sederhana dibandingkan yang lain.
Saya pernah kapok karena pakai wordpress.
Kalau Blogger, untuk pasang Gadget mudah, tinggal klik dan setting, jadi.
Jadi saya masih Awet pakai Blogger, walau sempat vakum selama 4 bulan.
Ga perlu kerja keras, atau mikir terus.
Tinggal ngetik.

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Ketik Super Cepat Pakai Typeit in, Hemat Energi Kita !

Sudah lama saya pakai software ini. Software yang dipakai untuk mengetik secara cepat. namanya Typeit In. Program ini cocok Anda yang butuh mengetik cepat dalam pengisian form pada website-website ketika register, sangat cepat untuk mengetik di situs iklan gratis.
Cara kerjanya dengan menyimpan data yang biasa dibutuhkan untuk mengisi suatu form. Mulai dai Nama, Alamat, E-mail, dan apapun termasuk ID. Tinggal letakkan kursor ketik pada kotak form, kemudiak klik typeit in pada button yang sesuai. maka form akan terisi dengan sendirinya.
tapi software ini tidak gratis, shareware, hanya bisa dipakai 30 hari, kalau mau pakai selamanya, Anda harus membayar. Ya kalau dihitung-hitung, sepadan lah dengan kemudahan yang ditawarkan. Sebenarnya saya ada sofware untuk menunda masa habis trial, tapi belum sempat buat tutorialnya.


silahkan cari di Google untuk mendownload, di gambar di samping
Atau di http://www.brothersoft.com/typeitin-pro-download-14627.html

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Pohon Desaku Hilang Hilang pula Energi Kita Butuh Kerja Keras untuk Mengembalikannya

Kala pagi menyingsing, semburat cahaya matahari ketika memancarkan cahayanya terasa hangat membelai setiap relung-relung hati dan lubang pori. Udara sejuk terasa nyaman menyentuh kulit tubuh. Kicau burung kutilang bersahutan setiap saat. Ayam ayam berkejaran di depan rumahku. Angin pagi lembut menerpa dedaunan yang menghijau. Butiran cahaya matahai terpandar oleh butiran embun yang menempel di dedaunan. Kalau menarik nafas,wuih, segerr.

Gemericik air sungai disertai kecuap ikan yang berenang melompat dipermukaan air. Derasnya air bendungan yang mengalir terdengar merdu.

Yah itulah keadaan desaku dulu. jauh ketika aku menginjakkan kaki di desa ini, karena aku pendatang.

Sekarang, hilang sudah suasana itu. Dulu, di depan rumah ada banyak pohon tebu, berhekta-hektar, sekarang telah menjadi cekungan kering kerontang yang menimbulkan kesan gersang siapapun yang melihatnya.

Dahulu, di dekat masjid, banyak sekali pohon-pohon tinggi menjulang 20-25 meter. Sekarang sudah berubah menjadi rumah-rumah yang bercat bagus,menimbulkan kesan panah.

Wuih, sekarang sangat panas... panas.....

Air sungai pun juga sudah menurun, semakin sedikit yang mengalir.

Begitulah kalau pepohonan ditebangi sembarangan dan berganti dengan banguna beton. yang seharusnya untu penyerapan Air sekarang sudah berubah menjadi kon blok.

Dulu kalau kluar rumah, segar, sekarang, untuk kluar rumah saja malas.

Dulu ke sungai mencari ikan asyik, sekarang lebih nyaman di rumah.

Pohon.........oh.....Pohon..................

Kemanakah kau Pergi?

Sekarang banyak sekali yang mencari uang, namun tidak memperhatikan keseimbangan Alam, nah kalua kekeringan terjadi di suatu tempat, siapa yang harus di salahkan?? Alam?

Tidak, itu adalah tanggung jawab Manusia.

Untuk menumbuhkan sebatang pohon, tidak bisa selesai hanya barang 1 atau 2 tahun. padahal, pohonyang ditebang banyak.

sekarang ini, jumlah air sumur di sumurku mulai menurun, bahkan di rumah temanku sempat haru dikeruk lagi kedalamannya supaya memperoleh air yang lebih dalam

Itu baru di desaku, nah, jogja kan luas, Indonesia juga tidak sempit, banyak sekali pohon yang ditebang sembarangan.

Bukan hanya pelaku Illega Logging, tapi juga warga yang tidak tahu, kemudian menebangi pohon di pekarangan rumahnya, akhirnya, sekaran g udara siang hari sangat panas.

Kalau teman-teman mengingat-ingat, dulu dengan sekarang silahkan dibandingkan mana yang lebih nyaman suhunya!

Alasan yang dipakai adalah "demi kemajuan dan pemerataan pembangunan dan pemekaran infrastuktur. Makin lama umur manusia makin cerdas pula pengetahuan dan maju teknologi. Energi yang melimpah di muka bumi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan manusia."

Kalau begitu caranya, yang namanya kemajuan teknologi apakah bisa mengatasi pemanasan global?
Apakah pembangunan bisa menumbuhkan seribu pohon?

Sederhananya, hampir semua orang tahu kalau bernafas adalah kebutuhan manusia, kalau tidak bernafas bisa mati,untuk bernafas, manusia butuh Oksigen bukan Karbon dioksida atau asap knalpot ataupun batu bata. Nah Oksigen itu asalnya dari tumbuhan yang dihasilkan secara alami.

kalau Pohon ditebangi, berarti Oksigen semakin sedikit sedangkan jumlah manusia semakin bertambah. Kalau oksigen makin menipis, bisa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia. Nah, kalu ga cukup, manusi bisa kehabisan nafa, kalau kehabisan nafas, bisa mati. Kalau mati............dikubur lah, gampang....

Tapi masalahnya, kita butuh pohon ga? Kalau ga butuh, pergi aja ke Mars, jangan tinggal di Bumi. Kalau butuh, jangan menebang pohon sembarangan, dan segera menenam pohon di pekarangan rumah sebanyak-banyaknya, walau cuma di pot-pot kecil.

by: yang merindukan udara segar--aku.

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Kulafaur Rosyidin Bag 2


2. Umar Bin Khattab ( 13-23 H/634-644 M)
2.1. Pengangkatan Umar bin Kattab sebagai Khalifah kedua
Sebelum Abu Bakar meninggal, ia jatuh sakit selama 15 hari karena racun ular yang pernah menggigitnya kambuh. Kemudian, Abu Bakar menunjuk  Umar bin Khattab untuk menjadi penggantinya aebagai khalifah. Abu Bakar meninggal tanggal 23 Agustus 624 M. Umar menjadi Imam shalat jamaah. Beliau dimakamkan di rumah ’Aisyah r.ha. di samping makam Rasulullah.
Umar menjadi khalifah atas permintaan Abu Bakar dan persetujuan jamaah kaum muslimin.
2.2. Kebijakan Khalifah Umar
Peran yang dimainkan sangat luar biasa bagi kemajuan persebaran Islam di muka bumi. Khalifah Umar berhasil mengkonsolidasikan Islam di dataran Arabia mengubah anak-anak padang pasir liar menjadi bangsa pejuang yang kokoh berdisiplin yang menghancurkan kekaisaran Persia dan Bizantium, serta membangun imperium yang sangat kuat meliputi Persia, Irak, Kaldea, Syiria, Palestina, dan Mesir.
Berikut kebijakan yang dilakukan oleh Umar bin Khattab dalam beberapa bidang:
1.      Ekonomi
a.       Pembentukan Departemen-Departemen (diwan) yang bertugas menyampaikan perintah dari pusat ke daerah dan menyampaikan laporan tindakan penguasa daerah pada khalifah.
b.      Penertiban dan pengaturan tentang pembayaran pajak tanah dan gaji membagi penduduk menjadi 2 kelompok, yitu muslim dan non-muslim. Muslim wajib membayar zakat, non-muslim wajib membayar kharaj (pajak tanah) dan jizyah (pajak kepala)
c.       Pendirian Baitul Mal untuk pengelolaan keuangan negara dan penempaan mata uang sendiri.
2.      hukum
a.       Muslim dikenai hukum Islam, sedang non-muslim dikenai hukum sesuai dengan agama atau adat mereka masing-masing.
b.      Pemisahan Yudikatif dengan legislatif dan eksekutif dengan mendirikan lembaga-lembaga peradilan di daerah-daerah.
c.       Pembentukan jawatan kepolisian dan jawatan pekerjaan umum untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum
3. Politik
a.       pembentukan dua lembaga penasehat, yaitu yang membahas masalah umum dan khusus.
b.      Setiap warga negara memiliki satu suara dalam pemerintahan negara
c.       Wilayah Negara dibagi menjadi 8 propinsi: Makkah, Madinah, Syiria, Jazirah, basrah, Kufah, palestian, dan Mesir. Masing-masing propinsi dipimpin oleh amir.
d.      Tidak adanya hak istimewa bagi penguasa.

3. Siti Maryam, Sejarah Peradan Islam: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, hlm 47.
3.      Agama
a.       Pemberlakuan Ijtihad,hal ini karena terbukanya wilayah baru bagi ummat Silam, seperti Mesir, Persia, dan Syam.
b.      Toleransi beragama dan berkehidupan diantara penduduk daerah taklukan, sehingga mereka lebih nyaman dalam kepemimpinan ummat Islam.
3. Usman bin Affan (23-35 H / 644-656 M)
3.1. Pengangkatan Usman bin Affan sebagai Khalifah ketiga
Khalifah Usman dipilih dan diangkat melalui proses musyawarah dari enam orang sahabat yang ditunjuk khalifah Umar menjelang wafat ditambah Ibnu Umar.
3.2. Keberhasilan Usman bin Affan
Khalifah Usman berjasa dalam perbaikan dan penyeragaman cara membaca Qira’ah menurut dialek Arab, tempat Al Qur’an diturunkan.
Prestasi yang diraih oleh Khalifah Usman yang lain
1.      Menaklukkan Syiria, lalu mengangkat Muawiyahh sebagai gubernur,
2.      Menaklukkan Afrika Utara, mengangkat Amr bin ’Ash sebagai gubernur di sana,
3.      Menaklukkan daerah Arjan dan Persia
4.      Menaklukkan Khurasan dan Nashabur  di Iran.
5.      Setiap jum’at beliau memerdekakan seorang budak.
6.      Mengadakan pembangunan di banyak bidang seperti angkatan laut, bendungan, jalan, masjid, dan memperluas masjid Nabawi.
3.3. Masa Kemunduran Kekhalifahan Usman
Namun pada enam tahun terakhir Khalifah Usman r.a. banyak terjadi kemunduran disebabkan beliau lunak dan kurang tegas. Akibatnya banyak sahabat yang meninggalkan beliau, banyak pejabat yang menjadi kurang percaya padanya lagi, kecuali kerabatnya Hal ini membuat beliau memecat dan mengganti mereka dengan kerabatnya sendiri, walau masih ada pejabat yang bukanb dari kerabatnya. Dapat dikatakan, Nepotisme dalam umat Islam bermula dari kekhalifahan Usman r.a. Hal ini makin membuat orang-orang membenci kekhalifahan Usman, apalagi waktu itu ada golongan yang mendukung Usman, dan ada yang mendukung Ali.
Di Akhir kekhalifahan beliau banyak tejadi pemberontakan karena ketidakpuasan dengan kebijakan beliau yang telalu menguntungkan kerabat beliau. Masalah pun makin memuncak, dan akhirnya beliau meninggal dalam pengepungan para pemberontak dan beliau dibunuh oleh dua orang Mesir.
4. Ali bin Abi Thalib ( 35-40 H / 656-651 M )
4.1. Pengangkatan Ali bi  Abi Thalib sebagai Khalifah keempat
Ali bin Abi Thalib diangkat menjadi khalifah atas kesepakatan para sahabat. Awalnya beliau menolak karena melihat keadaan ummat yang kacau pasca kekhalifahan Usman beliau. Tapi karena desakan orang yang kuat dan orang yang   

4. Siti Maryam, Sejarah Peradan Islam: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, hlm 56
tidak suka dengan Usman bin Affan, beliau mau juga.
4.2. Tindakan Khalifah Ali bin Abi Thalib
Ali bin Abi Thalib berusaha memperbaiki masalah-masalah yang timbul akibat kekhalifahan Usman. Beliau mengambil beberapa kebijakan:
1.      Mengganti gubernur yang diangkat oleh Khalifah Usman yang tidak disukai oleh rakyat.
2.      Menarik kembali tanah yang telah dibagi-bagikanpada masa khalifah Usman kepada keluarganya dengan menyerahkan pendapatannya pada negara.
3.      Menghidupkan kembali sitem pajak ala Khalifah Umar bin Khattab.
Beliau tidak banyak melakukan kebijakan pada bidang-bidang lainn karena banyaknya pemberontakan yag timbul. Perang tersebut antara lain: perang Jamal ( trio Aisyah, Zubair, dan Thalhah), Perang Siffin, Khawarij.
Beliau wafat karena ditikam oleh Ibnu Muljam, tokoh Khawarij.
5. Perkembangan masa Kulafaur Rasyidin
Pada masa kekhalifahan Abubakar sampai kekhalifahan Ali bin Abi Thalib, banyak sekali perkembangan keilmuan yang beragam, dan tidak bisa jika hanya ditujukan pada satu masa kekhalifahan saja antara lain:
 


5. Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah. Pendidikan islam TARIKH, hlm 61-62.


5.1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Masa Kulafaur Rasyidin
1.Pembagian Ilmu Pengaetahuan Islam klasik menjadi dua macam, yaitu ’Ulum an-Naqliyah dan ’Ulum al-Aqliyah.
2. Lahirnya Ilmu Qira’at yang beragam
3. Lahir Ilmu Tafsir , diantaranya sahabat Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Abbas, Abdullah bin Mas’ud, dan Abdullah bin Ka’ab yang mnafsirkan sesuai tuntunan Rasulullah SAW.
4. Pengetahuan tentang  Hadist
5. Lahirnya Ilmu Nahwu
6. Khath Al Qur’an
7. Ilmu Fiqih
5.2. Perkembangan Arsitektur Masa Kulafaur Rasyidin
Perkembangan arsitektur bangunan dan perkotaan cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal, antara lain:
1.                  Bangunan Masjid
a.       Perluasan Masjidil Haram
b.      Perluasan Masjid Nabawi
c.       Pendirian masjid Al Atiq di Mesir
 

6.  Siti Maryam, Sejarah Peradan Islam: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, hlm 60

2.                  Pembangunan kota-kota baru
Kebanyakan pembangunan kota terjadi pada masa Khalifah Umar, diantaranya:
1.      Basrah dibangun pada tahun 14-15 H
2.      Kufah 17 H dibangun di bekas kerajaan Arab sebelum Islam
3.      Fushthath, dibangun pada 21 H di Mesir















7.  Siti Maryam, Sejarah Peradan Islam: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, hlm 62-63


baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Kulafaur Rosyidin Bag 1

BAB I
Pendahuluan
Menggabungkan 3 hal, masa lalu, masa kini, dan masa depan. Itulah tujuan untuk apa sejarah itu dibuat, dicatat, dan direkam. Bukan saja sejarah itu menjadi dongeng yang dieceritakan pada anak-anak sebelum tidur atau menjadi buku bacaan sehari-hari ibarat novel semata. Namun ada sesuatu yang harus dilakukan dengan sejarah itu. Yaitu kesejahteraan ummat.
Sejarah telah mencatat mengenai munculnya agama Islam yang mulia. Agama yang membawa cahaya bagi semesta alam. Dibawa oleh manusia mulia, yaitu Muhammad SAW, ummat manusia banyak yang terbebas dari belenggu kebodohan berpikir, bertindak, dan berkeyakinan. Pada masa itu terlahir para pemimpin besar yang mampu menggetarkan seantero penjuru dunia. Padahal mereka berasal dari tempat yang terpencil di tengah padang pasir. Diantara pasir, batu, dan gunung. Yang akhirnya mereka menjadi bangsa yang mulia, Bangsa Arab Makkah-Madinah dan sekitarnya.
Namun permasalahan muncul pasca kembalinya Nabiyullah yang mulia, Nabi Muhammad SAW ke sisi Allah SWT. Ummat muslim kehilangan sesosok pemimpin yang luar biasa, pemimpin yang telah membawa mereka menuju peradaban yang mulia. Akhirnya Abu Bakarlah yang menggantikan kepemimpinan beliau. Abu baker masih mempertahankan system pemerintahan yang Nabi lakukan.
Ketika masa kekhalifahan Umar bin Khattab, telah tejadi berbagai macam perubahan dan perkembangan yang menuntut sebuah kerja keras, Islam juga telah tersebar ke seantero penjuru.
Masa kekhalifahan Usman bin Affan, awalnya rakyat berada dalam kemakmuran. Hal ini dianggap hasil dari kekhalifahan Umar. Tapi ketika memasuki enam tahun terakhir kekhalifahan Usman, terjadi banyak masalah,mulai dai ketidakpercayaan para sahabat, hingga pemberontakan yang menyebabkan beliau wafat. Bibit perpecahan ummat pun semakin merajalela
Khalifah Ali berusaha memperbaiki kekacauan warisan dari kekhalifahan Usman bin Affan. Tapi karena kekacauan sudah sangat parah, beliau pun belum berhasil sepenuhnya memperbaiki keadaan ummat sampai tuntas.
Di samping itu, banyak sekali perkembangan yang terjadi pada masa kekhalifahan. Mulai dari ilmu pengetahuan sampai pada arsitektur.






BAB II
Kulafaur Rasyidin
Kulafaur Rasyidin adalah empat orang sahabat Rasulullah yang menggantikan posisi kepemimpinan beliau terhadap ummat Islam. Mereka adalah Abu Bakar (11-13 H/632-634M), Umar bin Khattab ( 13-23 H/634-644 M), Usman bin Affan(23-35 H / 644-656 M), dan Ali bin Abi Thalib( 35-40 H / 656-651 M) .
Pada masa mereka, Islam banyak mengalai perkembangan mulai dari pembukuan Al Qur’an, ilmu pengetahuan, hingga arsitektur bangunan.

1. Abu Bakar (11-13 H/632-634M)
1.1. Pemilihan Abu Bakar sebagai khalifah
Setelah wafatnya nabi Muhammad SAW yaitu pada tahun 632 M, terjadi krisis konstitusi. Ada tiga golongan yang bersaing untuk menjadi pengganti Rosulullah sebagai pemimpin pemerintahan. Ketiga golongan itu adalah Anshar, Mujahirin, dan Bani Hasyim. Dari golongan Anshar mengajukan Sa’ad bin Ubaidah, dari golongan mujahirin mengajukan Abu Bakar, dan dari gplongan Bani Hasyim mengajukan Ali bin Abi Tholib. Akhirnya melalui proses musyawarah yang cukup pelik dari ketiga golongan tersebut terpilihlah Abu Bakar sebagai pemegang kepemimpinan tertinggi sebagai pengganti Rasulullah SAW.
Orang yang pertama kali mengakui Abu Bakar sebagai orang yang pantas


1. Siti Maryam, Sejarah Peradan Islam: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, hlm 43.

memegang tapuk kepemimpinan kaum muslimin adalah Umar bin Khattab r.a. kemudian disusul Usman r.a. , Abu Ubaidah r.a., dan Abdurahman bin Auf r.a. Oleh karena itu Abu Bakar terpilih sebagai penganti Rasulullah SAW dalam memimpin kaum muslimin.
Peran Abu Bakar yang paling penting dalam sejarah kepemimpinannya, beliau berhasil menjaga keutuhan dalam tubuh ummat Islam,memberantas segala penyimpangan yang memecah-belah ummat.
1.2. Kebijakan Khalifah Abu Bakar
Kebijakan yang dilakukan Abu Bakar yaitu:
1. Pemerintahan yang bersifat sentral seperti pada masa Rasulullah,
2. Musyawarah bersama dengan sahabat yang lain dalam proses pemerintahan,
3. Pemerangan terhadap orang-orang yang tidak mau membayar zakat, jika setelah diberi surat peringatan ternyata tidak digubris.
4. Pemberantasan nabi Palsu dan murtadin, setelah diberi surat peringatan. Orang yang mengaku Nabi adalah Aswad Ansi, Musailamah, Tulaihah, dan Sajah. Perang itu dinamakan Perang Riddah .
5. Pembukuan Al Qur’an, karena banyak haffidz yang syahid dalam Perang Riddah. Ide ini dari Umar, diketuai oleh Zaid bin Tsabit, ditulis pada kulit yang telah disamak dan dijilid.



2. Badri Yatim. 1995. Sejarah Peradaban Islam.
2. Umar Bin Khattab ( 13-23 H/634-644 M)
2.1. Pengangkatan Umar bin Kattab sebagai Khalifah kedua
Sebelum Abu Bakar meninggal, ia jatuh sakit selama 15 hari karena racun ular yang pernah menggigitnya kambuh. Kemudian, Abu Bakar menunjuk Umar bin Khattab untuk menjadi penggantinya aebagai khalifah. Abu Bakar meninggal tanggal 23 Agustus 624 M. Umar menjadi Imam shalat jamaah. Beliau dimakamkan di rumah ’Aisyah r.ha. di samping makam Rasulullah.
Umar menjadi khalifah atas permintaan Abu Bakar dan persetujuan jamaah kaum muslimin.
2.2. Kebijakan Khalifah Umar
Peran yang dimainkan sangat luar biasa bagi kemajuan persebaran Islam di muka bumi. Khalifah Umar berhasil mengkonsolidasikan Islam di dataran Arabia mengubah anak-anak padang pasir liar menjadi bangsa pejuang yang kokoh berdisiplin yang menghancurkan kekaisaran Persia dan Bizantium, serta membangun imperium yang sangat kuat meliputi Persia, Irak, Kaldea, Syiria, Palestina, dan Mesir.
Berikut kebijakan yang dilakukan oleh Umar bin Khattab dalam beberapa bidang:
1. Ekonomi
a. Pembentukan Departemen-Departemen (diwan) yang bertugas menyampaikan perintah dari pusat ke daerah dan menyampaikan laporan tindakan penguasa daerah pada khalifah.
b. Penertiban dan pengaturan tentang pembayaran pajak tanah dan gaji membagi penduduk menjadi 2 kelompok, yitu muslim dan non-muslim. Muslim wajib membayar zakat, non-muslim wajib membayar kharaj (pajak tanah) dan jizyah (pajak kepala)
c. Pendirian Baitul Mal untuk pengelolaan keuangan negara dan penempaan mata uang sendiri.
2. hukum
a. Muslim dikenai hukum Islam, sedang non-muslim dikenai hukum sesuai dengan agama atau adat mereka masing-masing.
b. Pemisahan Yudikatif dengan legislatif dan eksekutif dengan mendirikan lembaga-lembaga peradilan di daerah-daerah.
c. Pembentukan jawatan kepolisian dan jawatan pekerjaan umum untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum
3. Politik
a. pembentukan dua lembaga penasehat, yaitu yang membahas masalah umum dan khusus.
b. Setiap warga negara memiliki satu suara dalam pemerintahan negara
c. Wilayah Negara dibagi menjadi 8 propinsi: Makkah, Madinah, Syiria, Jazirah, basrah, Kufah, palestian, dan Mesir. Masing-masing propinsi dipimpin oleh amir.
d. Tidak adanya hak istimewa bagi penguasa.

3. Siti Maryam, Sejarah Peradan Islam: Dari Masa Klasik Hingga Masa Modern, hlm 47.
3. Agama
a. Pemberlakuan Ijtihad,hal ini karena terbukanya wilayah baru bagi ummat Silam, seperti Mesir, Persia, dan Syam.
b. Toleransi beragama dan berkehidupan diantara penduduk daerah taklukan, sehingga mereka lebih nyaman dalam kepemimpinan ummat Islam.

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Wah, Bingung mau buka blog di Wordpress

Wah bingung nih buka blog di wordpress, katanya sih dibandingkan dengan blogger, Wordpress itu lebih unggul, tapi aku bingung cara makenya.

Tak coba tuh buat,eh ternyata buat nyetting aja ngabisin waktu sampai 4 jam. Gila. bingung saya ngaturnya.

Udah di rumah koneks internet lemot (maklum, cuma numpang tetangga),settingannya itu yah, banyak tulisannya. pusing liatnya. Banyak link yang nongol.

Bukannya tambah mudah karena banyak link, tapi malah mumet.:-(

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Selasa, 20 Oktober 2009

Sedikit Pengingat

Hidup tak ubahnya seperti menelusuri jalan setapak yang becek di tepian sungai nan jernih. Kadang orang tak sadar kalau lumpur yang melekat di kaki, tangan, badan, dan mungkin kepala bisa dibersihkan dengan air sungai tersebut. Boleh jadi, kesadaran itu sengaja ditunda hingga tujuan tercapai.
Tak ada manusia yang bersih dari salah dan dosa. Selalu saja ada debu-debu lalai yang melekat. Sedemikian lembutnya, terlekatnya debu kerap berlarut-larut tanpa terasa. Di luar dugaan, debu sudah berubah menjadi kotoran pekat yang menutup hampir seluruh tubuh.
Itulah keadaan yang kerap melekat pada diri manusia. Diamnya seorang manusia saja bisa memunculkan salah dan dosa. Terlebih ketika peran sudah merambah banyak sisi: keluarga, masyarakat, tempat kerja, organisasi, dan pergaulan sesama teman. Setidaknya, akan ada gesekan atau kekeliruan yang mungkin teranggap kecil, tapi berdampak besar.
Belum lagi ketika kekeliruan tidak lagi bersinggungan secara horisontal atau sesama manusia. Melainkan sudah mulai menyentuh pada kebijakan dan keadilan Allah swt. Kekeliruan jenis ini mungkin saja tercetus tanpa sadar, terkesan ringan tanpa dosa; padahal punya delik besar di sisi Allah swt.
Rasulullah saw. pernah menyampaikan nasihat tersebut melalui Abu Hurairah r.a. “Segeralah melalukan amal saleh. Akan terjadi fitnah besar bagaikan gelap malam yang sangat gulita. Ketika itu, seorang beriman di pagi hari, tiba-tiba kafir di sore hari. Beriman di sore hari, tiba-tiba kafir di pagi hari. Mereka menukar agama karena sedikit keuntungan dunia.” (HR. Muslim—hadist Arba’in)
Saatnyalah seseorang merenungi diri untuk senantiasa minta ampunan Allah swt. Menyadari bahwa siapa pun yang bernama manusia punya kelemahan, kekhilafan. Dan istighfar atau permohonan ampunan bukan sesuatu yang musiman dan jarang-jarang. Harus terbangun taubat yang sungguh-sungguh.
Kemudian pada masa lalu umat Islam dahulu berada pada masa keemasan segala bidang,mulai dari bidang ekonomi, pengetahuan, arsitertur, militer. Bahkan umat Islam bisa menguasai sepertiga dunia dan menyinari dunia dengan cahaya Ilahi.
Tetapi sekarang keadaan amat jauh dari keadaan masa lalu. Kemudian...................
Bersambung besok yach...........!

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Ngajak Orang Kampung Sholat

Susahnya ngajak orang kampung buat sholat ya?

YAch,kebetulan di dusun saya nih ada 2 tempat sholat. yang satu namanya masjid Al Fatttah, yang satu musholla Al Amin. Nah, saya sholate di masjid Al Amin (yee kayak nama julukan Rosulullah, seneng). Dusun saya tuh, pake blok-blokan segala. Kalo Al Fattah itu punya Blok Barat, kalo Al Amin blok timur. nih masjid beda budayanya.

NAh, ketika saya sholat, maghrib lah atau Isya (kalau dhuhur dan ashar biasanya di kampus atau SMA 5)jama'ahnya tuh,hmmmmmmmm, gimana ya, lumayan lah. yang putra ada 1-2 shof, yang putri 1, biasanya lebih dikit (jumlah ini terjadi ketika ada Pengajian Anak-Anak Yaa Binayya alias TPA, jadi jamaahnya nbanyak yang anak-anak).

Nah kalo ga ngaji tuh, banyak yang ilang. dapat satu shaf penuh putra mah udah sukur. lha Tuh Anak-anak pada ngilang, yang kliatan paling 3-4 orang.

Aduh dek, sholat itu wajib bukan kalo ada ngaji, tapi 5 waktu kudu full.

NAh, perkara yang sederhana, SHOLAT, nayak orang yang sulit melakukannya. Padahal, warga tu kalau nyangkul,50hektar pun kuat, tapi cuma sholat 5 menit aja ga tahan. Bahkan ketika sempat saya jadi imam, ada yang ngeluh, janga pake surat yang panjang-panjang(sebenarnya surat pendek, tapi karena saa pelan-palan, njaga tajwid, jadi pada ngrasanya lama,soalnya biasanya imamnya cuma asal mbaca apa yang dihafal, walaupun salah).

Nah, ini dusun tempat saya tinggal, masak mau dibiarin gini terus. Banyak lo remaja ata mahasiswa yang mengaku aktivis dakwah (Aktivis Dakwah Sekolah dan Dakwah Kampus,red), tapi ternyata ngurus kampung aja jarang, bahkan ada yang pulang cuma buat maka dan tidur, tambah minta uang ortu. Akhirnya kampungnya, bahkan masjidnya gersang dari cahaya ilahi.

Apa itu yang namanya aktivis dakwah. Itu orang yang cuma numpang keren di dunia dakwah.
Paling enggak kan ada waktu sedikit buat ngajak pemuda dan anak-anaknya untuk sholat, atau diajak ngaji gitu. jangan lupakan mereka.

kalau mengharap yang sholat berjamaah, itu mah dah pada tua-tua, dan biasanya mala(kecuali yang di masa muda juga semangat berdakwah)

Yuk bina Dusun dan kampung kita,biar banyak yang sholat berjamaah di musholla, masjid.

Ananta

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Senin, 19 Oktober 2009

Hiks...Hiks...Hiks...blogku belum kebaca Mbah Google

Hari ini, aku penasaran sama keberadaan blogku di jaringan Internet. Kira-kira, mbah Google kenal sama blogku ga ya, kan jangan-jangan, mbah google lupa pake kacamata, jadi kliatannya di belakang-belakang.....ga dong yach :-)
Segera aja aku search di google, tak masukin nama blogku, "internet kampung", muncul tuh banyak artikel. Nah, ini blig tak cari-cari dari page 1, page 2, page 3, page 4, page 5, dan sakteruse. Eh, kok ga kliatan ya blogku. Masak sampe page 11 lebih tetep aja ga nongol.
Wah, terus jantungku berdegup...duk..jedukk...duk..jedukk.....dangdutan dech....
tapi tetep aja ga ketemu.

Huu...huu..... T-T
Ga ada, mbah google jahat..........

Nah, terus buat konfirmasi apakah bener mbah google ga tau kalau aku punya blog, kutanya sama mas google webmaster, tak tanyain tuh, eh tenyata pak webmaster bilang kalo mbah google memang belum mengindex blogku.

Ya udah kalo ga ada, cari cara lain.
sgera aja tak daftarin ni blog sama mbah google, moga belum tidur...

kubuka google webmaster, masuk add a site.
Nah, terus tak masukin alamat URL blogku.
Udah slese, aku disuruh nunggu mbah google supaya ngindex dulu halaman blogku.
tak tunggu ya Mbah!

Pokoknya aku bertekad, selama 1 pekan ini, saya harus sudah masuk Search Engine Google di halaman pertama.

Berjuang!!!!!!!!!

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Akhirnya Aku ngerti juga gimana caranya pake domain buat Blogku!!!

Blog ini, hingga artikel ini saya posting, panjang banget ceritanya.

Setiap kali aku ngenet, surfing ke sana, surfing kemari. Pokoke kemana-mana lah (bukan tak gendong loh yach). Buka situ ini, buka situ itu. Banyak tulisan, banyak tawaran, banyak gambar, ada videonya. Skali lagi, pokoke isinya macem-macem. Lihat tampilan websitenya saya sangat tertarik banget, koq pada bias buat kayak gene ya???

Pokoknya, saya kalo liat barang bagus, langsung aja pengen punya. Kayak di toko buku, wah, kalo uang ga abis, tuh buku nongol tak beli semua (walau akhire ga kebaca hee…)

Nah, waktu aku surfing di internet, buka sana, masuk sini, jalan ke sana, jalan ke sini, pokoke ke mana-mana(bukan tak gendong lo yach). Tuh ku liat kan banyak situs-situs orang, cakep-cakep lagi homepage. Jadi pengen nech. Gimana ya caranya? Pikirku waktu itu.

Katanya nih ya, kalo mau punya situs harus bisa macem-macem. Kudu bisa bahasa web dulu(kalo yang mau belajar,tapi ga sungguh-sungguh, mendingan ga usah deh, bis puyeng nanti..he.. ) yang html itu, terus ada php,. MySQL, teruz kudu punya hosting dan domain (nih yang paling ku ga suka, kudu bayar), dan masih banyak lagi syaratnya. Pokoknya aku ga mau, puyeng, mending mikirin UAN.

Akhire, ga pengen aku buat situs, lupain aja, besok kalo udah gedhe.

Kemudian, Ketika aku ikut FLP, dan jadi anggota( walau terus ga aktif, ga tau masik dianggep apa ga) aku kenal yang namanya blog, tapi belum tau wujudnya. Katanya sih kayah website gitu, tapi cumin kaya diary, di isi-isi gitu. Dasar saya saja yang malas, tetep aja ga mau buat.

Akhirnya, awal tahun ini,sekitar April lah, aku buat blog pertamaku. Dan lagi-lagi, kare akunya yang malas, baru posting sekali, blog ini tak cuekin. Lama tak cuekin. Nah nyeselnya, bulan Mei, flash disku ilang dan ada yang nemuin. Nah orangnya tuh, searching di Internet,buat nyari aku, mungkin aja nyari di Facebook, makanya ga ketemu, soale aku belum punya dan belum mau punya Facebook.

Nah, pesen orang yang nemuin flash disk ku itu baru tak buka kemarin. Yaa Allah, semoga flash disk ku ga dipake buat nyimpen video atau gambar yang aneh-aneh.

Akhire, ku pelihara aja blog ku, semoga aja ada manfaatnya.

Nah, kemudian aku surfing-surfing(maklum, karena di ruma bisa ngenet, jadi enak), aneh binti heran bin nggumun, koq ada blog yang pake domain dot com, ga ada blogspot atau wordpressnya. Koq bisa ya, padaha blog, tapi pasi bayar nih.

Akhire surfing-surfing, jadilah blogku punya 2 alamat,yaitu
1. http://www.internetkampung.blogspot.com/
2. http://www.internetkampung.tk/

Nah, nama yang kedua itu aku dapetin dari http://www.dot.tk/ secara gratis. Kan ogah kalo nulis alamat situs panjang banget, pake blogspot segala. Jadi tak minta aja ww.dot.tk buat nyariin nama yang bagus, eh ternyata dikasih nama http://www.internetkampung.tk/. Simple kan.

Cara daftarnya juga mudah, tinggal masuk ke www.dot.tk terus masukkan situs panjang kamu (bis juga dipake buat situs yang pakai hosting gratisan, biasanya dibelakanya ada nama penyedia hosting gratis, jadinya jelek). Terus dafta aja. Pake domain gratis. Gampang kan.

Kalau mau buat

>>>>>>>>>Domain Gratisss<<<<<<<<<<<

Saya bantu jika ada pertanyaan

Tapi maksimal domain yang bisa didaftarkan Cuma 2, kalo pake yang berbayar, bisa ga terbatas, tapi bagusnya bisa pakai domain .com.
Silahkan dicoba, Gratis dan bermanfaat!

Klik Banner di bawah ini!

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

Sebuah Keputusan

Mentari telah muncul dengan kelembutannya membelai setiap benda di bumi. Udara dingin masih ketara di sekujur badan. Hanya semburat awan tipis menghiasi langit yang biru. Suasana masih lengang di pekarangan SMA N 12 Yogyakarta. Tukang kebun sejak dari tadi menyapu dan memangkas rumput yang semakin meninggi. Terlihat pula beberapa orang siswa yang sudah berangkat pagi-pagi di depan ruang Guru.
Begitulah suasana pagi menjelang pengumuman Ujian Nasional satu setengah bulan lalu,sekarang tanggal 16 Juni 2008, sampai bosan nunggu.
Satu per satu siswa mulai berdatangan dengan senyum yang terhias di wajah mereka. mereka berjalan sambil bercanda.
Seorang siswa bernama Hamdi, berjalan menuju ke arah masjid yang letaknya di pojok sekolah. Dia ingin sholat Dluha. Di sana beberapa teman-temannya yang sudah dari tadi datang sedang bercengkerama. Ada juga yang bermain shuttle kick, permainan yang mereka ada-adakan dengan sebuah kock yang ditendang dan dioper agar tidak jatuh. Ada lagi yang balapan sepeda di halaman masjid. Mungkin mereka sudah selesai sholat Dluha.

******

“Assalamu’alaikum!” sapaku pada teman-teman—aku Hamdi, yang tadi sempat dikenalkan, sekarang aku sendiri yang akan menceritakan sebuah kisah padamu.
“Wa’alaikumussaalam!” jawab temanku serempak.
“Gimana kabare? Lulus tho? Wah aku kemarin sampai takut kalau bu Marni datang ke rumh dan bilang “Ham, kamu ndak lulus”. Bisa-bisa dunia seakan runtuh. habis soal kimianya susah banget kemarin,” tanyaku, bu Marni adalah guru BK,dia akan mendatangi rumah setiap siswa yang tidak lulus.
“Ya nggak lah Ham, kalo bu Marni dateng, mana berani aku berangkat sekolah. Malu lagi,” jawab Andi.
“Iyo Ham, kemarin aja aku pergi seharian, biar nggak ketemu sama bu Marni. Kebetulan lagi kemarin bapak sama emak pulang kampung, jadi rumah nggak ada orang. Tapi kata tetanggaku nggak ada tuh tamu yang datang,” tukas Budi.
“Eh, tau nggak, katanya Hendri kemarin meminjam anjing herder pakdhenya buat nakutin yang datang, kalian tau sendirikan gimana galaknya anjing pakdhenya. Aku saja yang cuma lewat, anjingnya udah menggonggong dan ngejar. Untung aja diikat. gimana kalo nggak. Bias-bisa kalian punya teman yang pernah kena rabies,” balas Aryo.
“Iya-iya, yang di sini semua lulus. tapi kalian tau nggak, ada 23 orang tidak lulus. Tadi waktu di depan ruang guru, aku bertemu bu Harni. Dia bilang ada 23 orang yang tidak lulus, dan semuanya sudah didatangi oleh guru-guru kemarin,” sahut Dhika.
“Eh, banyak banget sih. Ngeri banget ya, masak udah tiga tahun sekolah, tapi nggak lulus. Kalo aku belum tentu kuat. Bisa pingsan aku,” kata Budi.
“Udah nggak usah dibikin pusing! Yang penting kita semua udah lulus. Belum tentu tidak lulus itu jelek. Siapa tahu Allah punya rencana lain yang lebih baik pada mereka. Belum tentu yang kita anggap baik itu baik buat kita, sebaliknya, yang kita anggap buruk itu bisa jadi malah baik buat kita. Allah kan Maha Tahu. Tidak mungkin Allah mendholimi hambanya,” kataku.
“Iya Pak Ustad yang baik, ceramahnya nanti aja! Sana Sholat Dluha dulu, jangan ngobrol terus! Bersyukur dulu, biar rejeki tambah lancar. Siapa tau habis ini langsung dapet jodoh. Biar ga jadi jomblo tulen lagi,” kata Arham.
“Eh, iya sampai lupa. Habis, ngobrol sama kalian sih, sampai lupa jadinya. Tak sholat dulu ya!
“Yeee. Situ yang lupa koq kita yang disalahin!?”
“Iya nih Hamdi, Sholat dulu sana, baru ngobrol lagi. Ingat, bentar lagi upacara. Siap-siap lihat aku maju ke podium lantaran juara umum,” kata Aryo dengan pedenya.
“Huuu… Masak kerjaannya tiap hari tidur di kelas mau juara umum, ngaca dulu donk! Liat mukamu di kaca mirip nggak sama wajahmu yang asli,” cerocos Arham.
Kutinggalkan teman-teman yang terus saja ngobrol tidak karuan. Untung saja kadang mereka tidak hanya omong kosong saja. Masih sempat diselingi ayat atau hadist. Tidak tahu sejak kapan, sepertinya mereka memang suka ngobrol, bahkan bercanda dengan menggunakan ayat dan hadist. Yang penting jujur, dan bukan menjelek-jelekkan ayat dan hadist.
Kuputar keran dan kubasuh wajahku dengan air wudlu. Semoga berguguran dosaku bersama dengan gugurnya air wudlu.
Aku berjalan ke dalam masjid. Segera sholat.
“Allahu Akbar!” sambil berniat sholat Dluha, kurasakan Allah kurasakan kebesaran Allah selalu menyertaiku. Sejak aku lahir, sampai sekarang. Tiga tahun sudah aku sekolah di SMA ini. dan sekarang aku sudah lulus. Meski aku belum tahu nilaiku, namun aku yakin Allah pasti memberikan yang terbaik untukku. Yang terbaik bukan berarti paling baik diantara teman-teman, karena aku juga tidak begitu berharap seperti itu. Namun cukuplah setara dengan usahaku selama ini.
Kubaca do’a iftitah,
Ya Allah ampuni dosaku selama ini, selama aku hidup, karena aku tidak tahu berapa banyak dosa yang telah kubuat. Serta jauhkanlah aku dari dosa, kalau bisa semaksum Rasulullah. Dan Sejukkanlah hatiku sesejuk air pengunungan yang dingin serta sedingin salju yang menyelimuti kutubMu.
Kubaca surah Al Fatihah,
Ya Rabb,memang tiada bahasa di dunia yang cukup untuk menuliskan semua nikmat yang Kau yang berikan padaku. Meski dengan tinta sebanyak lautan dan kertas dari seluruh pohon yang ada di dunia ini. KekuasaanMu yang tiada tara, terserah Kau mau bermuat apa, aku hanya hamba yang dhaif. Namun kasihMu tiada putus dari seluruh makhluqMu,dan sayangMu yang selalu tercurah pada orang-orang yang beriman dengan kesungguhan, bukan islam KTP. Kuharap di akhirat nanti aku termasuk golongan orang-orang yang beruntung mendapat ridloMu, dan berkumpul dengan Rosul, sahabat dan orang-orang beriman. Aku selalu menengadahkan tanganku untuk memohon padaMu, bersujud hanya padaMu. Berilah aku petunjuk untuk selalu di jalanMU jalan yang Haq. Terima kasih atas segala petunjukMu selama ini sehingga aku bisa sampai di sini…


******

“Ham, kamu dah siap belum? Kata pak Andri, ulangan semester ini sampai Dimensi Tiga. Wah, aku ga ngerti sampai sekarang. Trigono aja tulalit,” kata Yusuf, teman sekelas sekaligus teman dekatku.
“Yang ditanya belum tentu lebih pintar dari pada yang bertanya. sama aku juga nggak dong. Anti aja lah gimana jadinya. Nanti kamu kasih tau aku ya kalo bisa.”
“Oke, kamu juga ya!”
Aku mengangguk.
“Semoga pengawasnya matanya nggak awas!”
“Hus, jangan ngomong gitu, nggak baik!”kataku
“Iya-iya”

*******

Ujian dimulai.
Untung pengawasnya pak Naryo, guru Bahasa Jawa yang terkenal penyakit “budi-nya” (budeg dikit maksudnya), jadi lebih leluasa nyontek.
Waktu ada 2 jam untuk 40 soal, wah lama.
Kubaca soal dari lembar pertama.
Soal pertama Eksponen, wah, kalau ini aku bisa. untung ada 6 soal, lumayan ngantongi 1,5 nilai.
Terus, Logika. Waduh, nggak dong aku. Gimana nih?! Eh, aku kan udah buat catetan. Kuambil bolpoinku. Kubuka tutup bawahnya. Kutarik isinya. Kubuka selembar kertas yang tergulung di isinya. Hemm…. Yes, ada semua.
Masuk soal, Trigono. Gawat, aku lupa semua. Ada 5 soal lagi.
Aku garuki leherku yang tidak gatal. Perlahan kumasukkan jariku ke bawah kerah baju. Kuambil kertas yang terjepit di situ. Kubuka, dan kulihat rumus yang tertulis di situ. Ah, lancar.
Begitulah, di seluruh tubuhku ada contekan. di sepatu ada persamaan linier. Tapi kalau soal Dimensi Tiga, aku tanya sama Yusuf dan teman yang lain, habis nggak bisa dibuat catetan.
Hari pertama selesai dengan lancar.

********

Kulangkahkan kakiku ke Masjid Muadz Bin Jabal karena adzan sudah berkumandang. Khutbah sudah dimulai. Kuambil air wudlu. Kemudian aku masuk ke masjid. Kuambil 3 lembar buletin Jum’at yang berbeda versi. Yah kebetulan masjid ini berlangganan banyak buletin.
Kuambil posisi belakang paling kanan, agar bisa bersandar pada dinding.
Kudengar khutbah, aku tidak begitu mengerti, karena aku memang tidak begitu peduli. Perlahan mataku terpejam.

********

Jam 8 malam, aku sudah berada di kursi belajarku. Besok ulangan fisika, pelajaran yang sulit.
Kuambil buku tulis dan buku cetakku. Kusalin rumus-rumusnya pada selembar kertas. Ada bab GLBB. Hmm, rumus dasarnya , ,dan Simpel sih,tapi aku sering lupa.
Kulihat buletin Jum’at yang tadi kubawa tergeletak di samping bukuku. Tiada salahnya aku baca sebentar. di situ tertulis bahwa Rasulullah pernah mengadakan perjalanan bersama para sahabat, tiba-tiba terdengar suara menggelegar yang membuat mereka kaget. Kemudian Rosulullah bertanya pada para sahabat,”Apakah kalian tahu suara apa tadi?” sahabat menjawab,” Allah dan Rosulnya lebih mengetahui.” “Sesungguhnya itu tadi suara sebuah batu yang jatuh dari tepi neraka tujuh puluh tahun yang lalu, dan sekarang baru sampai dasarnya.”
Hmmm…. Tujuh puluh tahun, gila, berarti dalem banget ya surga itu.
Coba kuhitung dengan rumus GLBB, sekalian latihan. Dengan percepatan gravitasi 9,8m/s^2. berarti kedalamannya adalah S=h, kecepatan awal 0. 1 tahun 12 bulan, 1 bulan 30 hari, 1 hari 24 jam, 1 jam 60 menit, 1menit 60 detik. Jadi waktunya 2,17728.10^9 detik. jadi kedalaman neraka kira-kira 2,3228686.10619 meter atau 23.228.686.000.000.000 km. Hii..... Dalem banget ya, ini aja baru perhitungan manusia, belum lagi perhitungan Allah, apalagi 1 hari di akhirat setara dengan 1.000 tahun dunia.
Udah ah, ngeri. Buletin yang lain ada yang menghimbau agar jangan tolong-menolong dalam hal dosa dan pelanggaran. Ah.... apa aku nyontek itu dosa ya. kalau gitu dosaku banyak dong. Aku terus saja merenungi ketiga buletin itu.
Tak terasa, mataku sudah pedih, padahal baru jam 9 malam. Apa karena terlalu capek ya. Tapi aku belum selesai buat catetan.
Akhirnya mataku terpejam juga, di meja belajar.

*******

Whoooaaahhh.....
Hei, dimana ini? Koq gelap begini. Aku tidak bisa melihat.
Tiba-tiba cahaya muncul dan menyinari sekitarku. Aneh, semuanya kosong. Yang ada hanya hamparan pasir yang terbentang sejauh mata memandang.
Aku takut sekali, tidak ada orang, sendirian, di tempat yang aneh.
Apa aku sudah mati ya, wah padahal aku kan masih muda, aku belum banyak beramal, sholat saja kadang-kadang.
Di tengah ketakutanku, terdengan suara menggeram di belakangku. kutengokkan wajahku.
Dan....
Betapa terperajatnya aku, ternyata ada seekor ular yang sangat besar berbulu memandangiku sambil menghembuskan nafas yang panas. Kontan aku langsung berlari menjauh untuk menyelamatkan diri dan berteriak minta tolong. Dan ular itu pun mengejarku.
Namun apa yang mau dikata, tidak ada orang kulihat. Aku terus saja berlari, dan terus berlari.
Whei, di kejauhan ada orang, aku harus ke sana, minta tolong. Setelah kudekati, ternyata seorang kakek tua berpakaian putih yang keriput di sana-sini. Dia duduk di atas sebuah permadani yang indah. Dia tersenyum padaku.
“Kek, tolong aku, ada ular yang mengejarku!” pintaku padanya.
“Larilah Anaku, aku terlalu lemah untuk menolongmu,” jawabnya.
Mendengarnya, aku terus berlari. Sampailah aku di sebuah tebing yang sangat dalam. Di dalamnya api berkobar dengan hebatnya. Menjilat apa saja yang dapat diraihnya. Apa ini yang namanya neraka ya. Aku duduk bersimpuh di tepi jurang, aku ingin menangis, tapi entah mengapa air mataku tak mau keluar. Seakan sudah mengering. Ya Allah, inikah balasan untukku yang lupa padaMU.
Ya Robb, Kau tahu aku sering lalai dariMu, namun hanya Engkaulah yang bisa kumintai tolong. Apakah aku akan masuk neraka yang luar biasa dalamnya. Bisa-bisa sampai dasarnya badanku sudah hancur. Ya Allah, hanya padaMulah aku bisa memohon, bukan orang lain.
Kutoleh wajahku, kulihat ular besar itu makin mendekat. Apa dia akan melemparku ke jurang itu. Dari pada dilempar, lebih baik lari.
Segera saja aku kembali berlari. Terus berlari.
Aku bertemu kembali dengan kakek tua tadi. Sekali lagi aku minta padanya. Tapi apa yang dia kata,”Larilah Anakku, aku tidak dapat menolongmu. Aku terlalu lemah. Carilah tempat berlindung!”
Lagi-lagi ia tak dapat diharapkan.
Aku terus saja berlari terus berlari dari kejaran ular itu.
Dari kejauhan, terlihat ada orang lagi. tapi aku sudah hampir putus asa, karena dari tadi tidak ada orang. Aku berlari ke arah orang itu. Ternyata seorang pemuda gagah yang sangat tampan. Pakaiannya sangat bagus.
“Hai, tolong aku, ada ular mengejarku!”
“Tenangkan dirimu, aku akan menolongmu.” jawabnya. Suaranya sangat menyejukkan.
Ketika ular besar itu datang, dia mengusirnya.
Kemudian dalam keadaan masih takut aku bertanya apa yang sebenarnya terjadi padaku.
“Ular besar tadi adalah semua amal buruk dan dosamu, saking besarnya, dia bisa menelanmu. Sedangkan kakek tua tadi adalah amal baikmu yang sangat sedikit dan terlalu lemah jika dibandingkan dengan dosamu. Dan kau hampir masuk ke Neraka.” jawab pemuda itu.
“Lalu kamu ini siapa? Kenapa mau menolongku?” tanyaku padanya.
“Kau masih ingat apa yang kamu lakukan sepulang shalat Jum’at setelah ulangan matematika?”
Aku pun mencoba mengingat kembali. Oah iya, ada seorang kakek yang meminta-minta karena belum makan selama lima hari. Lalu aku berikan uang sepuluh ribu padanya, padahal infaq jum’at aku hanya memasukkan seribu rupiah yang sudah kumuh dan bau. Maklumlah, namanya uang, nggak pernak mandi, tapi banyak dicari orang. Dan kakek itu berterimakasih padaku, dan kudengar ia mendo’akanku agar diberi keselamatan.
“Aku adalah amalanmu pada kakek itu dengan ikhlas. Apakah kau pernah mendengar hadist Rosulullah, supaya kita menyelamatkan diri kita dari api neraka walau hanya dengan sebutir kurma?”
Oh iya, di buletin ketiga yang aku baca berisi tentang manfaat sedekah.
“Lalu sebenarnya tempat apa ini?
“Kau akan segera tahu,sebentar lagi. Allah hanya mengutusku untuk memperingatkan dirimu. Jagalah dirimu, Insya Allah suatu saat kita akan bertemu lagi.”
Tiba-tiba semua kembali gelap.

******

Ehhh…..
Kubuka mataku perlahan. Kulihat buku catatan bututku acak-acakan,mungkin tertindih olehku. Tapi Alhamdulillah ternyata mimpi. Jadi aku belum mati. Ketiga buletin itu juga masih ada di meja. Kulirik jam dinding, sudah jam 2 ternyata.
Kubaca bukuku sebentar, menghafal rumus yang ada. tentang Dinamika Partikel, Hukum 1,2, dan 3 Newton. . Aku teringat saat terima rapor semester lalu, aku rangking 36. Apa semester ini lebih baik ya, atau lebih jelek. Apa aku bisa masuk IPA sesuai keinginanku atau tidak. Tapi yang jelas aku nggak mau nyontek lagi waktu Ulangan, seterusnya. Nggak peduli nilaiku hancur atau tidak.
Ya Robb, di sepertiga malam terakhir ini, aku mohon aku bisa mengerjakan ulangan besok dengan lancar dan jujur. Aku tidak mau mencontek. Berikan taufikMu. Ya Allah, Engkau tahu yang ku mau!


*******
Oke Fren, kembali ke awal.
Aku selesai sholat Dluha. Kupanjatkan do’a setelahnya. Aku mohon pada Allah, agar hasil kali ini merupakan yang terbaik bagiku.
Aku bangkit dan kembali ngobrol dengan teman-teman.

*******
Upacara ini dihadiri oleh semua murid, dari kelas X, XI, dan XII.
Siswa kelas X dan XI dipulangkan setelah itu, orang tua dan wali murid kelas XII.
Cuaca sangat panas, untung aku memakai topi. Entah kenapa hari ini sangat panas. teman-teman laki-laki yang lain banyak yang berebut berteduh di bawah pohon. Karena aku kelas IPA 4, tempat barisnya di tengah dan aku tidak kebagian tempat yang rindang. Walau barisnya agak acak-acakan, tapi guru masih membiarkannya.
Kudengar pak Edi, kepala sekolahku memberikan pesan di sesi amanat. Beliau bangga, karena katanya ada nilai tertinggi Ujian Nasional 2008 diraih oleh seorang siswa di sekolah ini. Kontan teman-teman bertepuk tangan dan bersiul riang. Aku pun tersenyum, ternyata aku punya teman yang cerdas. Walau aku tak tahu siapa dia, tapi perasaanku mengatakan bahwa dia adalah salah seorang yang tadi ada di masjid. Berbincang bersama. Apa Aryo ya. Kulihat raut mukanya tadi optimis.
Pak Edi bilang, walau ada 23 orang siswa yang tidak lulus, tapi sekolah kami memiliki nilai rata-rata untuk IPA tertinggi di Yogyakarta. teman-teman pun kembali ramai. Aku cuma diam saja, hanya tersenyum sambil meringis karena kepanasan.
Eh, koq aku tidak melihat Yusuf ya. Aku dengar dia akhir-akhir ini dia sering ikut malak bersama preman-preman di pasar Beringharjo. Bahkan dia sering kupergoki lagi teler sambil tangannya mencekik botol ketika pulang. Temanku itu juga masuk IPA, namun kelihatannya ia jarang belajar. Kebetulan juga selama tiga tahun aku sekelas dengannya. tapi koq hari ini aku tidak melihatnya berbaris.
Akhirnya tibalah pengumuman-pengumuman yang dibacakan oleh pak Burham. Pertama diumumkan juara-juara perlombaan yang yang diraih oleh adik-adik kelas X dan XI. Ada juara debat, basket, mural dan karya tulis. Dan yang ditunggu-tunggu, pengumuman tentang Ujian Nasional. Entah kenapa kelas X dan XI juga ikut. Mungkin supaya mereka tahu dan siap jika mereka kelas XII nanti. Maklum, pelajaran yang diujikan ada 6 untuk tiap jurusan.
Pertama adalah nilai tertinggi yang diraih oleh sekolah ini untuk tiap mata pelajaran. Juga rata-ratanya.
Tibalah pengumuman untuk 10 besar paralel untuk tiap jurusan. Mulai dari peringkat 10 dahulu. Untuk juara 3 besar akan mendapat hadiah dari sekolah karena prestasinya. Dari kelompok IPA, ketika nama temanku disebut, teriakan menggema dan riuh tepuk tangan memeriahkan upacara ini. Satu per satu maju ke depan podium
“Untuk juara 3, dengan nilai 51,25, diraih oleh ananda Arham Faturrohman dari kelas XII IPA 2,” kata pak Burham.
“Hore…! Eeh, Alhamdulillah!” sahut Arham.
Tepuk tangan pun menyambut pengumuman itu.
“Yee… Ayo kita jitaki ni anak..!” teriak Budi. Kontan teman-teman beramai-ramai menjitaki Arham.
“Oi, udah dong...,” pekik Arham, “ Masak dijitaki, dikasih selamat dong!”
“Traktir lho Ham!” rajuk Aryo.
Arham pun maju.
“Untuk Juara 2, dengan nilai 52,50, di raih oleh ananda Aryo Pamungkas dari kelas XII IPA 2,” lanjut pak Burham.
Siswa kembali bertepuk tangan.
“Weee… juara tho! Hore! Eh, Alhamdulillah,” kata Aryo.
Teman-teman pun menjitakinya. Ternyata dia benar-benar jadi juara. Dan dia pun maju setelah dijitaki dengan muka kusem, habis kena jitak. Apalagi dia nggak pakai topi,bisa bonyok kepalanya. Yah, teman-teman memang anarki.
Wah, hari semakin siang saja. Panas. keringan sudah mengucur dari kepalaku. Sebagian teman yang lain juga. Akhir-akhir ini cuaca sangat panas. Kemungkinan besar karena Global Warming.
Aku lanjutin ya….
Pak Burham pun melanjutkan pengumumgnya
“Dan sekarang untuk juara 1 dan merupakan juara umum untuk kategori IPA tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan nilai 56,25, diraih oleh ananda Ahmad Hamdi dari kelas IPA 4, harap maju ke depan!”
Subhanallah, namaku disebut. Ah, benarkah.
“Hamdi, kowe juara siji. Ayo maju. jangan lupa nanti nraktir ya!” kata Budi sambil mengucek-ucek kepalaku. Teman-teman yang lain juga ikut menguceki aku. Tega benar mereka. Udah panas-panas begini mereka masih mengerjai aku.
Aku pun maju ke depan. Entah mengapa rasanya berat sekali. Kepalaku terasa pusing. Apa karena habis dijitaki teman-teman atau kepanasan. Namun aku bangga, karena usahaku selama ini dibalas dengan baik oleh Allah. Memang Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum kecuali mereka merubah pada diri mereka sendiri. itulah yang terjadi padaku. Dari rangking 36 kelas, menjadi rangking 1 paralel. Terima kasih Ya Allah, Engkau berikan yang terbaik padaku.
Setelah keluar dari barisan, aku ikut berjejer dengan teman teman yang lain. Ucapan selamat dan bingkisan dari sekolah diberikan oleh pak Edi. pada Arham dulu.
Kepalaku semakin berat. Pandanganku mulai buram, sepertinya kunang-kunang memenuhi mataku. Aku pun memejamkan mata untuk mengurangi sakit. Ah, aku benar-benar tidak kuat.
Dan…
Bruk, aku terjatuh, kakiku tak kuat menopang badanku. tapi aku masih sadar, hanya aku sudah tak kuat berdiri. Kulihat teman-teman mengerumuni aku, begitu pula pak Edi dan pak Burham.
Tapi, siapa itu. Seseoarang melihatku, tidak memakai seragam sekolah, bukan pula seorang guru. Laki-laki itu masih muda. Dia tersenyum padaku. Sorot matanya memiliki arti, sebuah kata selamat. Ya, aku ingat, memori yang terpendam. Pemuda yang muncul dalam mimpiku 2 tahun lalu. Ya, memang dia.
“Seperti kataku dulu, kita akan bertemu lagi. Sekarang aku memenuhi janjiku dulu. Aku membawa kabar gembira dari Allah, bahwa Allah ridlo dengan apa yang kamu lakukan setelah kejadian waktu itu. Allah juga mengutusku untuk menjemputmu padaNya. Telah usai waktumu di dunia. Sebentar lagi Izrail akan datang. Persiapkan dirimu. Aku tidak bisa berlama-lama. Aku harus kembali. Aku tunggu kau di sisiNya. Jangan kuatir akan bekalmu, semua sudah cukup. Kakek tua itu kini sudah menjelma menjadi pemuda yang lebih gagah dan tampan dariku. Sampai bertemu lagi saudaraku. Rodliyallahu ‘alaika!. “
Ketika kukedipkan mata, dia sudah tidak ada. Akupun tak sadarka diri.
Ketika kubuka mataku, aku sudah berada di UKS. Di sana ada bu Marni, pak Burham, dan Budi. Budi minta maaf karena tadi telah menjitaki aku. Aku bilang tidak apa-apa.
Tiba-tiba aku tidak bisa mendengar sekitarku, semua sepi. Kulihat seseorang masuk. dari pintu. Seseorang yang tampan. Pakaiannya sangat indah, aku tidak bisa menggambarkannya. Dia mendekatiku.
“Hamdi, kau pasti sudah tahu siapa aku. Aku diutus Allah untuk menjemputmu. Allah memerintahkan untuk membawamu dengan baik, sebagaimana caraku kepada para hamba Allah yang beriman. Ucapkan dua persaksian maka aku akan segera membawamu!” katanya.
Ternyata dia Izrail. Akupun mengangguk. Namun aku minta padanya untuk bicara sebentar dengan Budi untuk titip salam untuk teman-teman, tapi dia melarang. Dia mengatakan bahwa sekarang aku sedang sakaratul maut.
Dengan lirih kuucapkan Syahadat.
“Asyhadu alla ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rosulullah.”
Izrail pun membangunkan aku dan mengajakku keluar. Ku lihat bu Marni menangis. Pak Burham, dan Budi hanya menunduk. Budi, selamat jalan Budi, salam buat teman-teman ya.

*******

Pena telah diangkat, tintapun telah mengering.. Keputusan telah ditetapkan.
Orang tua dan walimurid pun telah berdatangan. Sementara itu para siswa bersuka cita merayakan kebrhasilan mereka. Hanya sedikit yang peduli dengan kehidupan setelah mati.



Jumat yang Indah,16 Mei 2008
Cerpen Pertamaku--teruntuk Forum Lingkar Pena Jogja

Download

baca artikel Cyber Sukses lengkap...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP