Search Engine Submission - AddMe Ngajak Orang Kampung Sholat | Blog Anak Desa Blog Anak Desa: Ngajak Orang Kampung Sholat

Selasa, 20 Oktober 2009

Ngajak Orang Kampung Sholat

Susahnya ngajak orang kampung buat sholat ya?

YAch,kebetulan di dusun saya nih ada 2 tempat sholat. yang satu namanya masjid Al Fatttah, yang satu musholla Al Amin. Nah, saya sholate di masjid Al Amin (yee kayak nama julukan Rosulullah, seneng). Dusun saya tuh, pake blok-blokan segala. Kalo Al Fattah itu punya Blok Barat, kalo Al Amin blok timur. nih masjid beda budayanya.

NAh, ketika saya sholat, maghrib lah atau Isya (kalau dhuhur dan ashar biasanya di kampus atau SMA 5)jama'ahnya tuh,hmmmmmmmm, gimana ya, lumayan lah. yang putra ada 1-2 shof, yang putri 1, biasanya lebih dikit (jumlah ini terjadi ketika ada Pengajian Anak-Anak Yaa Binayya alias TPA, jadi jamaahnya nbanyak yang anak-anak).

Nah kalo ga ngaji tuh, banyak yang ilang. dapat satu shaf penuh putra mah udah sukur. lha Tuh Anak-anak pada ngilang, yang kliatan paling 3-4 orang.

Aduh dek, sholat itu wajib bukan kalo ada ngaji, tapi 5 waktu kudu full.

NAh, perkara yang sederhana, SHOLAT, nayak orang yang sulit melakukannya. Padahal, warga tu kalau nyangkul,50hektar pun kuat, tapi cuma sholat 5 menit aja ga tahan. Bahkan ketika sempat saya jadi imam, ada yang ngeluh, janga pake surat yang panjang-panjang(sebenarnya surat pendek, tapi karena saa pelan-palan, njaga tajwid, jadi pada ngrasanya lama,soalnya biasanya imamnya cuma asal mbaca apa yang dihafal, walaupun salah).

Nah, ini dusun tempat saya tinggal, masak mau dibiarin gini terus. Banyak lo remaja ata mahasiswa yang mengaku aktivis dakwah (Aktivis Dakwah Sekolah dan Dakwah Kampus,red), tapi ternyata ngurus kampung aja jarang, bahkan ada yang pulang cuma buat maka dan tidur, tambah minta uang ortu. Akhirnya kampungnya, bahkan masjidnya gersang dari cahaya ilahi.

Apa itu yang namanya aktivis dakwah. Itu orang yang cuma numpang keren di dunia dakwah.
Paling enggak kan ada waktu sedikit buat ngajak pemuda dan anak-anaknya untuk sholat, atau diajak ngaji gitu. jangan lupakan mereka.

kalau mengharap yang sholat berjamaah, itu mah dah pada tua-tua, dan biasanya mala(kecuali yang di masa muda juga semangat berdakwah)

Yuk bina Dusun dan kampung kita,biar banyak yang sholat berjamaah di musholla, masjid.

Ananta

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan masukan pada saya agar menjadi energi motivasi saya untuk berkarya di Internet.
Terima Kasih komentarnya.
Berikanlah komentar terbaikmu!

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP